Nasib 19 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jawa Timur yang Terancam Dinonaktifkan

Suasana sehari-hari di IKIP PGRI Jember.
Beberapa waktu lalu, kabar santer tentang praktik jual beli ijasah di beberapa kampus swasta begitu marak. Sebenarnya kasus ini adalah kasus lama, yang tertutup oleh kepentingan pihak tertentu. Banyak juga oknum yang memanfaatkan cara kilat mendapat ijasah ini, hanya sekedar memenuhi target pendidikan yang harus dimiliki dan kenaikan pangkat jabatan. 

Kini muncul lagi kasus yang menimpa sedikitnya 19 kampus swasta sehingga terancam ijin operasionalnya dicabut. Walaupun indikasi penonaktifan perguruan tinggi tersebut bukan karena ijazah palsu, namun berita ini cukup membuat mahasiswa maupun calon mahasiswa baru harus berpikir ulang jika berkuliah di salah satu dari 19 perguruan tinggi tersebut. 

Sebagaimana dikutip dari jpnn.com, sebanyak 19 perguruan tinggi swasta (PTS) di Jawa Timur terancam dinonaktifkan untuk melakukan pembenahan. Waktu deadline yang diberikan hingga Desember 2015, apabila tidak ada proses perbaikan maka izin operasional belasan PTS itu dicabut.


Memang jika ditelisik lebih jauh, banyak kampus-kampus di Indonesia yang belum standar, terutama di kampus swasta. Misalnya saja, tenaga dosen masih banyak yang berpendidikan S-1, minimnya fasilitas dan sarana belajar, pelayanan yang kurang baik, dan sebagainya. Kampus negeri saja, beberapa jurusannya masih terakreditasi C, lho kok? Bagaimana dengan yang swasta?

Alhamdulillah, semua kampus yang ada di Kabupaten Lumajang, tidak ada yang masuk dalam 19 PTS dimaksud. Apakah ini berarti kampus-kampus di Lumajang lebih baik dibanding 19 PTS tersebut? Wallahu a'lam.

Berikut 19 PTS yang terancam Dinonaktifkan di Jawa Timur:
 
  1. Universitas Teknologi Surabaya (UTS)
  2. Akademi Teknologi Industri Tekstil Surabaya
  3. Universitas Darul Ulum Jombang
  4. Universitas Bondowoso (Unibo)
  5. Universitas Nusantara PGRI Kediri
  6. Universitas Cakrawala.
  7. IKIP Budi Utomo
  8. IKIP PGRI Jember
  9. STKIP Tri Bhuwana
  10. Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sunan Giri
  11. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Malang
  12. Sekolah Tinggi Teknik Budi Utomo
  13. Sekolah Tinggi Teknik Widya Dharma. Kemudian
  14. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pemnas Indonesia
  15. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pemuda
  16. Akademi Teknik Nasional Sidoarjo
  17. Akademi Bahasa Asing Webb
  18. Akademi Pariwisata Bhakti Wiyata
  19. AMIK Aji Jaya Baya
Demikian informasi terhangat tentang Daftar 19 Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Timur yang Terancam Izinnya dicabut. Sumber selengkapnya baca : http://www.jpnn.com/read/2015/06/05/307865/Inilah-19-Perguruan-Tinggi-Swasta-yang-Terancam-Dicabut-Izinnya
 
Berikutnya
« Prev Post

Tulis Komentar Di Sini ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment