Mendeskripsikan Pengertian Organisasi

Assalamualaikum, sahabat semua!

Pada pertemuan kali ini, saya akan membahas kompetensi Mendeskripsikan Pengertian Organisasi. Salah satu kompetensi yang harus dikuasai anak-anak kita SD kelas 5 semester 2 (KTSP). Jika bermanfaat, mohon disebarkan, jika perlu perbaikan berikan komentar yang baik.



1. Pengertian Organisasi


Pernahkah kalian merasakan tidak punya teman? Ah, sedih sekali bukan? Teman memang sangat penting bagi kita. Tidak hanya anak-anak, bahkan orang dewasa pun memerlukan teman. Sebab, Alloh menciptakan manusia untuk saling berteman. Manusia tidak bisa hidup sendirian. Ia akan selalu membutuhkan orang lain. Coba bayangkan, dapatkah kalian hidup sendirian di dunia?


Alloh berfirman dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat ayat 13 :


Artinya : “Hai manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.”


Cobalah kalian pindahkan meja kelas! Dapatkah kalian sendiri memindahkan meja tersebut? Karena dirasakan berat maka pastilah kalian akan minta bantuan teman kalian untuk memindahkan meja itu. 


Apakah ada orang yang bisa membuat pakaian sendiri? Kalaupun orang itu seorang penjahit, ia tidak bisa membuat benang. Ia juga tidak bisa membuat mesin jahit. Ia akan  tetap membutuhkan orang lain dalam membuat pakaian.


Dari contoh di atas kalian tahu bahwa orang tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri. Orang juga tidak dapat melakukan sendiri apa yang menjadi tujuannya. Ia akan selalu membutuhkan bantuan orang lain. Setiap orang memiliki kekurangan dan keterbatasan kemampuan. Oleh karena itu, dibutuhkan saling membantu dan kerja sama. 


Dalam kehidupan sehari-hari kalian mengetahui adanya berbagai bentuk kerja sama. Misalnya kerja sama membangun rumah, membuat jalan, menanam padi di sawah, kerja sama dalam menyampaikan usulan, dan lain-lain. Dalam kerja sama itu selain memudahkan menyelesaikan pekerjaan, mereka juga dapat menjalin hubungan yang semakin erat. Kerja sama dapat mempererat persaudaraan dan persatuan.


Salah bentuk kerjasama dalam kehidupan sehari-hari adalah berorganisasi. Kamu dapat menemukan contoh organisasi di sekitarmu, misalnya di sekolah di keluarga, bahkan lingkungan di sekitar rumahmu. Bisakah kamu menjelaskan pengertian organisasi? 


Organisasi, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti himpunan, perkumpulan orang-orang yang mempunyai dasar dan tujuan tertentu yang sama. Karena manusia adalah mahluk sosial yang hidupnya berkelompok, maka dibutuhkan suatu perkumpulan atau organisasi untuk membuat hidup manusia lebih teratur.

Organisasi itu menjadi alat yang efektif untuk mencapai tujuan. Kebebasan berorganisasi diatur dalam UUD 1945 Pasal 28 E ayat (3). Di dalam pasal 28 UUD 1945 disebutkan mengenai organisasi dengan istilah berserikat.

Berikutnya
« Prev Post

Tulis Komentar Di Sini ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment